Sabtu, 19 Desember 2020

#IndonesiaHumanRightsSOS Christ Wamea @PutraWadapi: Strange era, so corpses reported. Dream of being convicted @UNHumanRights @AJEnglish @jokowi @mohmahfudmd @prabowo @fadlizon @LbsMariska @PrilHuseno

Jalan yang layak ditempuh untuk menyelesaikan persoalan saat ini menurut Massa Djafar adalah dengan menciptakan dialog guna membangun konsensus politik. Jalan ini akan lebih produktif dalam menyelaraskan kehidupan politik bangsa.

Selain itu juga memperbaiki hukum, dan bersama tokoh-tokoh agama berjuang mengatasi pandemi covid-19. Menyatukan kekuatan nasional untuk menghadapi krisis ekonomi.



Pertanyaannya, apakah rekonsiliasi, revolusi akhlak yang ditawarkan oleh HRS menyentuh dan menjawab persoalan pelik yang dihadapi bangsa? Dan bagaimana konsensus politik yang akan dicapai? Apakah para elit politik di negeri ini masih punya political will dan berkemampuan untuk menyelesaikan beberbagai persoalan ditengah carut marut politik domestik dan tarik menarik kepentingan negara adidaya? Kini saatnya momentum yang tepat, untuk meneguhkan kembali garis politik luar negeri, tidak ke Barat dan Timur. Sebagai warisan bijak para founding fathers. Sehingga, rekonsiliasi memang sebuah gagasan dan panggilan moral, dimana konsolidasi kekuatan politik nasional sangat diperlukan tidak hanya mendamaikan anak bangsa. Tapi juga untuk mengembalikan kedaulatan bangsa keluar dari jebakan kekuatan new impelialisme dan kolonialisme.

Kepulangan HRS dari pengasingan politik dan kehadiran beliau dalam percaturan politik nasional, harapan publik dan harapan umat tidak sebatas tokoh ulama. Tetapi sebagai tokoh bangsa, memainkan peran strategis, memikul tanggungjawab historis. Yaitu menyelamatkan negara dari krisis multidimensi bersama dengan tokoh nasional lainnya. Harapan ini bukan tanpa alasan. Meskipun HRS bukan manusia “suci”, modal sosial, modal politik dan kapasitas kepemimpinan politik HRS lebih dari cukup, ditengah merosotnya kepercayaan terhadap pemimpin. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

101 Tahun ITB dan Tokoh Tionghoa yang Terlupakan

101 Tahun ITB dan Tokoh Tionghoa yang Terlupakan https://t.co/uiGUXUaTOg pic.twitter.com/qxFePwV8ZQ — KoranDNM (@Koran_DNM) June 27, 2021 ...